Wednesday, July 05, 2006

Menilai Kecemasan Komunikasi

Setiap orang, sebagai komunikator, memiliki tingkat kecemasan tersendiri dalam berkomunikasi. Kecemasan itu, bisa berbentuk ketakutan, kegugupan atau hal-hal lain yang secara psikologis dapat
menghambat kemampuan berkomunikasi.

Bentuk dan gaya komunikasi seperti apakah, yang Anda pilih dan Anda jadikan bagian dari diri Anda sebagai komunikator? Berapakah nilai komunikasi Anda untuk berkomunikasi dalam kelompok diskusi, dalam meeting dan rapat, bercakap-cakap secara antar personal dan dalam kemampuan public speaking? Dan bagaimanakah skor komunikasi Anda secara keseluruhan? Berapa nilai kecemasan Anda dalam berkomunikasi?

Kuis berikut ini bisa menentukan tingkat kecemasan Anda dalam berkomunikasi. Ada dua puluh empat pertanyaan yang harus Anda assess sendiri, dan kemudian Anda beri poin jawaban sendiri dengan
alternatif sebagai berikut:

1 = Sangat setuju;
2 = Setuju;
3 = Tidak tahu;
4 = Tidak setuju;
5 = Sangat tidak setuju.

KUIS KECEMASAN KOMUNIKASI

Nilailah diri Anda sendiri dan tentukan komunikator seperti apa diri Anda.

01. Saya tidak suka berpartisipasi dalam diskusi kelompok;

02. Secara umum, Saya merasa nyaman saat berpartisipasi dalam diskusi kelompok;

03. Saya tertekan dan gugup saat berpartisipasi dalam diskusi kelompok;

04. Saya suka terlibat dalam diskusi kelompok;

05. Terlibat dalam diskusi kelompok dengan orang-orang yang baru Saya kenal di dalam diskusi kelompok, membuat Saya tertekan dan merasa gugup;

06. Saya tenang dan rileks, saat berpartisipasi di dalam kelompok diskusi;

07. Secara umum, Saya gugup saat harus mengikuti rapat;

08. Biasanya, Saya tenang dan rileks saat mengikuti rapat;

09. Saya sangat tenang dan rileks, saat diminta memberikan pendapat di dalam rapat;

10. Saya takut mengekspresikan diri di dalam rapat;

11. Berkomunikasi di dalam rapat, biasanya membuat Saya merasa tidak nyaman;

12. Saya sangat tenang saat menjawab pertanyaan di dalam rapat;

13. Dalam bercakap-cakap dengan orang yang baru Saya kenal, Saya
sangat gugup;

14. Saya tidak merasa gugup berbicara dalam suatu percakapan;

15. Biasanya, Saya merasa tertekan dan gugup dalam suatu percakapan dengan seseorang;

16. Biasanya, Saya merasa sangat tenang dan rileks dalam suatu percakapan;

17. Dalam bercakap-cakap dengan orang yang baru Saya kenal, Sangat merasa sangat rileks;

18. Saya takut berbicara saat bercakap-cakap dengan seseorang;

19. Saya tidak takut berbicara di depan orang banyak;

20. Sebagian dari tubuh Saya menjadi tegang dan kaku, saat berbicara di depan orang banyak;

21. Saya merasa rileks saat berbicara di depan orang banyak;

22. Pikiran Saya menjadi bingung dan acak-acakan, saat berbicara di depan orang banyak;

23. Saya menghadapi peluang untuk berbicara di depan orang banyak dengan percaya diri;

24. Saat berbicara di depan orang banyak, Saya menjadi gugup dan lupa berbagai fakta yang sebenarnya Saya tahu.

SKOR KECEMASAN UMUM

Hitunglah keseluruhan skor kecemasan komunikasi Anda (CA alias Communication apprehension) dengan menjumlahkan semua poin yang Anda peroleh. Berilah nilai pada diri Anda sendiri, dan sekaligus juga beri nilai untuk proporsi kecemasan sub komunikai Anda sebagai berikut:

SKOR KECEMASAN DISKUSI KELOMPOK

1 + 4 + 6 - 1 - 3 - 5 + 18

SKOR KECEMASAN RAPAT

8 + 9 + 12 - 7 - 10 - 11 + 18

SKOR KECEMASAN PERCAKAPAN ANTAR PERSONAL

14 + 16 + 17 - 13 - 15 - 18 + 18

SKOR KECEMASAN PUBLIC SPEAKING

19 + 21 + 23 - 20 - 22 - 24 + 18

Skor-skor di atas bervariasi antara 6 sampai dengan 30. Skor 18 ke atas terhitung baik atau lumayan.

SKOR KECEMASAN AKHIR

Untuk menghitung skor akhir Anda, Anda harus menjumlahkan ke-empat sub skor di atas (bukan sekedar total jumlah dari jawaban pertanyaan 01 sampai 24 saja). Skor Anda akan bervariasi antara 24 sampai 120. Jika skor Anda kurang dari 24 atau lebih dari 120, maka itu berarti ada yang salah pada perhitungan Anda.

Skor 83 - 120, kecemasan komunikasi Anda terhitung tinggi;
Skor 55 - 83, kecemasan komunikasi Anda terhitung sedang;
Skor 24 - 55, kecemasan komunikasiAnda terhitung rendah.

Selamat menilai kecemasan dan ketakutan Anda dalam berkomunikasi!

Source: milis Bicara



Blogged on 9:27 PM

|

Comments: Post a Comment

~~~

If you interested in content, please contact the Writer: Rusnita Saleh :

The Enterprise
The Internship Services
The Publishing
The Publications & Distribution
The Learning & Consultation Services
Knowledge Sharing

Telegram Buat Dian
Secret Code
Explore the Secret Code
Knowledge Center: How to Tips
Techno-Ettiquet
Agenda Puasa
Haji & Umrah : How to books


The Stories Blog
Healthy corner
Relax Corner
Culture Travelers
Time & Learning Session

Telegram Buat Dian

Secret Code

newsaturdesk.groups.yahoo.com

Blogger

Hit Counter
Free Website Counter

online

Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com