Tuesday, June 20, 2006

Mempengaruhi Audience (Deskripsi)

Tips ini adalah ringkasan dari Bab XX buku Dale Carnegie "The Artof Public Speaking", sebagai kelanjutan dari

MempengaruhiAudience dengan Eksposisi.

KARAKTER
Mendeskripsikan, berarti memanggil kembali berbagai gambaran danbayangan yang ada di kepala audience. Mendeskripsikan, berartimemberi visualisasi. Alat dan kelengkapannya, adalah segala apa yangada hubungannya dengan artis pelukis. Kuas, cat, warna, cahaya,stroke, garis, bidang (topinya yang lucu...). Deskripsi bicaratentang efek, dan tidak tentang struktur teknis.

Eksposisi:Umum, ide, abstrak, internal, angka, jumlah, intelektual, nonpersonal.

Deskripsi:Khusus, membendakan, kongkrit, eksternal, huruf, tulisan, kata, pancaindera, personal.

Mendeskripsikan sesuatu, berarti memvisualisasikan segala hal yangpernah dilihat sendiri oleh pembicara (personal-subjektif). Melihatsendiri dengan "mata" atau melihat sendiri dengan "mata batin".Penekanannya, ada di "mata batin".

Deskripsi:- Scientific description;- Artistic description.

METODE

Deskripsi pada dasarnya tidak hanya "mengatakan", lebih dari itudeskripsi adalah "mengusulkan" gambaran atau bayangan tentang sesuatuhal kepada pikiran audience. Oleh sebab itu, kemampuan mendeskripsisangat tergantung pada keahlian memberi usulan dan masukan.Berikut ini adalah macam-macam bentuk deskripsi.

PETUNJUK SEDERHANA"Kucing itu lebat sekali bulunya."

GAMBARAN EFEK"Pemandangan itu tak urung membuatnya pucat pasi."

JULUKAN ATAU GELARAN"Tinggi tubuhnya yang di atas rata-rata tinggi orang Indonesia,membuat teman-teman Rudi memanggilnya 'tiang listrik'".

KATA KIASAN"Saat ini, Indonesia sedang menjadi bulan-bulanan kemarahan buminyasendiri."

LANGSUNG"Gelas itu tersenggol sikunya, jatuh ke lantai, dan pecah berkeping-keping."

Deskripsi langsung dari sebuah even langsung (live show), dengan satuatau dua paragraf, seringkali menjadi catatan sejarah. Komentarseorang komentator olah raga, bisa menjadi contoh yang menarik:"Somad mengejar bola. Dudung mengambil posisi di kiri. Oper ke Budi.Terlalu rendah saudara-saudara. Disundul!. Bola melenceng ke arahkiri dan keluar. Mahmud melempar bola ke dalam. Direbut Jangkung!Terjadi sengketa di mulut gawang... Goooool!."

Pada pertandingan yang amat memikat, deskripsi seperti di atas bisabertahan puluhan tahun. Dan pada saat diceritakan kembali, ia takseperti masa lalu, melainkan seperti kejadian nyata yang berlangsungtepat di hadapan audience.Sekarang, apa saja tips terbaik untuk menyampaikan deskripsi Anda?

PUTUSKAN SUDUT PANDANG

Jika Anda bercerita tentang situasi dan keadaa Gunung Merapi yangsedang murka, pendengar Anda tidak bisa membayangkan 'melihat' GunungMerapi dari semua sisi. Oleh sebab itu, penyebutan hal-hal spesifik,seperti nama desa atau arah mata angin misalnya, menjadi hal yangpenting dan tidak boleh dilupakan. Desa Kinaharjo, Kawasan Kaliurang,Kali Gendol dan seterusnya. Ambil sudut pandang, dan jangan lupamemberitahu saat Anda berpindah ke sudut pandang yang lain."Sekarang kita beralih ke Desa Sentul di Utara Gunung Merapi."

PILIH SIKAP TERHADAP SUBJEK

Jangan menceritakan soal Gunung Merapi yang sedang menyemburkan'wedhus gembel' dan membuat orang-orang desa berlarian denganpanik, dengan wajah ceria atau sambil tertawa."He...he...lihatlah para pemirsa, mereka berlarian jungkir balikseperti dunia ini mau kiamat saja."Itu sama sekali tidak lucu.

SESUAIKAN MOOD

Kurang lebih sama dengan yang di atas. Mood, berkaitan denganekspresi internal. Sikap, berkaitan dengan ekspresi eksternal ataupenampakan fisik.

PERHATIKAN URUTAN DAN KEMULUSAN

Berikan gambaran yang logis dan mulus saat menggeser deskripsi dari:- Maju dan mundur;- Jauh dan dekat;- Dulu, sekarang, nanti;- Umum dan khusus;- Besar dan kecil;- Penting dan tidak penting;- Fisik dan mental.Begitulah yang berlaku untuk proses bolak-balik dari satu ekstrem keekstrem lainnya. Percampuran dan ketidakteraturan atau ketidakurutandalam deskripsi, akan membuat audience Anda terbingung-bingungmengikuti Anda.

BUANG YANG TAK BERGUNA
Pilihlah gambaran yang memang signifikan. Pilihlah menjadi 'usulan',apa-apa yang paling kuat untuk divisualisasi oleh audience Anda.Begitu pula, buang segala kata atau kalimat yang tidak berguna.Ingatlah bahwa segala hal berpotensi memperkuat atau memperlemahgambaran Anda.

SESUAIKAN DENGAN ISI KEPALA MEREKA
Berikanlah uraian yang memang mungkin menjadi bahan baku untukgambaran audience Anda. Usahakan agar 'usul gambar' Anda memang bisadicerna dan diterima sebagai gambaran yang masuk akal bagi mereka.

BULAT DAN TIDAK MBULAT
Setiap gambaran deskripsi haruslah bulat, jelas dan jernih. Libatkansetiap emosi yang sesuai dengan gambaran Anda. Kemudian, upayakanagar emosi-emosi itu juga diproduksi pada saat yang sama di kepalamereka. Ingatlah bahwa deskripsi adalah panas dan emosional.Terakhir, ingatlah bahwa dari keseluruhan deskripsi Anda, bagian awaldan bagian akhir harus menjadi bagian-bagian yang paling mengesankan,dan penting untuk diingat berlama-lama.

source: milis Bicara


Blogged on 10:14 AM

|

Comments: Post a Comment

~~~

If you interested in content, please contact the Writer: Rusnita Saleh :

The Enterprise
The Internship Services
The Publishing
The Publications & Distribution
The Learning & Consultation Services
Knowledge Sharing

Telegram Buat Dian
Secret Code
Explore the Secret Code
Knowledge Center: How to Tips
Techno-Ettiquet
Agenda Puasa
Haji & Umrah : How to books


The Stories Blog
Healthy corner
Relax Corner
Culture Travelers
Time & Learning Session

Telegram Buat Dian

Secret Code

newsaturdesk.groups.yahoo.com

Blogger

Hit Counter
Free Website Counter

online

Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com