Saturday, June 03, 2006

Lima Rahasia Presentasi

Terjemahan bebas dari materi oleh Debbie Bailey, pengarang buku:"15 Presentation Secrets - How to WOW Even the Toughest Audience."Anda diminta untuk menyampaikan sebuah presentasi penting. Anda tahubahwa persoalan TERBANYAK ada pada bagaimana menyampaikannya. TapiAnda juga tahu, bahwa persoalan TERBESAR ada pada bagaimanamemulainya.

Lima rahasia presentasi berikut ini akan merubah hidup Anda.

RAHASIA 1 - MANAJEMEN PANIK DAN TAKUT

Atur dan kontrollah kepanikan, kecemasan, dan ketakutan serta rasagugup Anda, sehingga bukan mereka yang mengatur dan mengontrol Anda.Apa yang Anda alami saat semua hal destruktif itu terjadi, adalahpersis sama dengan apa yang Anda alami saat Anda bersemangat. Andahanya perlu merubah karakteristiknya. Itu semua adalah adrenalin. Dantidak lebih atau kurang, itu adalah energi.Untuk energi itu, jika kita menyebutnya gugup maka ia menjadi buruk.
Dan jika kita menyebutnya semangat, maka ia menjadi baik.Maka, langkah pertama yang harus Anda lakukan, adalah mengganti semualabel dan penamaan untuk setiap gejala, yang selama ini menurut Andaburuk, dengan berbagai sebutan lain yang mencerminkan hal positif. Dantentu saja, hal positif selalu lebih 'aturable' alias bisa diatur.Dari situ, Anda bisa menciptakan antusiasme untuk sesi bicara Anda.

RAHASIA 2 - MENJADI DIRI SENDIRI

Menjadi diri sendiri adalah keharusan, jika Anda sudah sampai ke titikdelivery alias penyampaian materi presentasi. Setiap orang punya gaya.Siapakah yang terbaik untuk menampilkan gaya Anda?Jadilah "gue banget" saat menyampaikan presentasi. Diri Anda,diciptakan dengan berbagai aspek yang terlalu unik untuk bisadibandingkan dengan manusia yang lain. Inilah kebesaran Tuhan. SuaraAnda, Tubuh Anda, Wajah, gaya bahasa, dan tingkat formalitas Anda,adalah "Anda banget".
Jangan sia-siakan semua itu.Banyak pembicara, sangat berfokus -- tepatnya: terfokus -- pada kata-kata yang akan keluar dari mulut mereka. Padahal, sekali lagi, kata-kata hanya berkontribusi 7% untuk kekuatan presentasi Anda.Menghamburkan energi untuk hal itu, adalah pemborosan.Pembicara yang kata-katanya belepotan, selalu lebih baik jika Iamenjadi diri sendiri, daripada pembicara yang bagus tutur dan katanya,tapi begitu mencolok dalam mencoba menjadi orang lain selain dirinyasendiri.Segala sesuatu yang non verbal -- biasa disebut dengan presentationpersonality, menyumbang lebih dari 90% untuk keberhasilan Anda.
Fokuslah pada aspek yang paling real dan paling berpengaruh untukkeberhasilan sesi bicara Anda. Fokuslah pada kontak mata, ekspresi,bahasa tubuh, pergerakan, pakaian, suara, dan diam.

RAHASIA 3 - BERI MAKA ANDA AKAN MENERIMA

Jika Anda ingin audience bersemangat, Anda harus bersemangat. JikaAnda ingin audience berpikir, Anda harus berpikir. Jika Anda inginaudience tertawa, tertawalah Anda. Jika Anda ingin audience menangis,menangislah Anda. Jika Anda ingin produk Anda dibeli, Andalah pembelipertamanya. Atau setidaknya, Andalah orang pertama yang banggapadanya! Dengan catatan, tentu saja produk Anda memang pantasdibanggakan.Ada faktanya.
Menurut laporan riset (dari sebuah institusi yangbernama Lamalle) terhadap eksekutif puncak yang berpenghasilan lebihdari $250,000 setahun, keberhasilan mereka, 46% ditentukan oleh sikappositif dan antusiasme.Jika Anda merasa bisa, maka Anda akan bisa. Jika Anda merasa akangagal, maka gagallah Anda. Satu hal yang Anda harus ingat, menjadikanpositif berbagai energi, akan membuat Anda rileks.

RAHASIA 4 - JANGAN PERNAH MEMINTA MAAF, MENGAKUI KEBURUKAN, ATAUMENCIPTAKAN PEMBENARAN

Tentu saja, kecuali jika Anda punya alasan yang sah untuk melakukanhal itu. Dalam banyak kasus, Anda memang tidak perlu meminta maaf,mengakui keburukan atau menciptakan pembenaran dalam sesi bicara Anda."Maaf, Saya agak pilek hari ini. Jadi suara Saya mungkin akan sedikitaneh."Untuk apa Anda mengatakan itu? Adakah sesuatu yang positif bagi sesi bicara Anda? Anda merasa perlu dikasihani? Untuk apa? Supaya merekamembeli? Biarkan mereka sendiri yang menciptakan permakluman untukAnda."Maaf, Saya kurang siap hari ini."Itu jelas berbahaya. Salah satu bahaya terbesarnya adalah, Andasendirilah yang menciptakan distorsi dan distraksi bagi audience Anda.

Segera setelah Anda mengatakannya, audience Anda akan mencari berbagaibukti untuk membenarkan pernyataan Anda. Anda yang memancing toh?Setiap kali pernyataan negatif keluar dari mulut Anda, maka sebenarnyaAnda mengatakan hal ini:"Jangan berharap banyak dari Saya."

RAHASIA 5 - LIBATKAN MEREKA

Manusia adalah pendengar yang BURUK. Rata-rata, setiap sembilan detik,setiap audience akan mendengarkan hal lain selain suara Anda."Penyimpangan mental" mereka ini, memang terhitung kecil setiapkalinya. Tapi ingatlah kenyataannya; setiap sembilan detik!Ini artinya, suara Anda seperti riuh dan rendah. Naik dan turun,terdengar dan tidak terdengar. Audience cenderung melupakan 80% pesanAnda.Di situlah bergunanya perangkat non verbal Anda. Suara, alat bantuvisual, alat peraga dan sebagainya.
Itu sebabnya, Anda harus terlatihmenciptakan berbagai hal yang "memaksa" mereka mau mendengarkan Anda,terlebih lagi di saat-saat tertentu. Di saat-saat mereka melanglangbuana, yang bisa dipahami dari reaksi mereka.Contoh paling sederhana adalah apa yang biasa dilakukan AA Gym dengan:"Haloo? Gimana nih Bapak-bapak?".
Cara yang juga efektif, adalah melupakan persoalan telinga mereka,dan melibatkan mereka secara langsung dalam sesi bicara. Flesh andblood. Perasaannya, pikirannya, aktivitasnya, tindakannya, nurani,panca indera, hati dan fisiknya.Dengan semua itu, "lupa" mereka bisa ditekan sampai 50%.

SUPAYA MEREKA MENGINGAT PESAN ANDA1.
Bertanyalah kepada audience Anda;
2. Libatkan mereka dalam survey atau polling;
3. Ajak mereka mendemonstrasikan berbagai hal;
4. Uji atau tes mereka;
5. Secara eksplisit, minta mereka mendengarkan poin-poin tertentu;
6. Ciptakan gimmick.

Itu baru lima. Bagaimana hidup Anda akan berubah dengan lima belasrahasia?


Blogged on 7:01 AM

|

Comments: Post a Comment

~~~

If you interested in content, please contact the Writer: Rusnita Saleh :

The Enterprise
The Internship Services
The Publishing
The Publications & Distribution
The Learning & Consultation Services
Knowledge Sharing

Telegram Buat Dian
Secret Code
Explore the Secret Code
Knowledge Center: How to Tips
Techno-Ettiquet
Agenda Puasa
Haji & Umrah : How to books


The Stories Blog
Healthy corner
Relax Corner
Culture Travelers
Time & Learning Session

Telegram Buat Dian

Secret Code

newsaturdesk.groups.yahoo.com

Blogger

Hit Counter
Free Website Counter

online

Weblog Commenting and Trackback by HaloScan.com